n
METODOLOGI
PENELITIAN
Metodologi adalah pengetahuan
tentang cara-cara (science of methods). Dalam kontek penelitian,
metodologi adalah “totalitas cara” untuk meneliti dan menemukan kebenaran.
n
PENDEKATAN
PENELITIAN
PENELITIAN KUANTITATIF
PENELITIAN KUALITATIF
n
PENELITIAN
KUANTITATIF
Kuantitatif adalah pendekatan
dalam penelitian atau biasa disebut dengan model atau nuansa penelitian dengan
pengolahan dan penyajian data mempergunakan metoda statistika yang memungkinkan
peneliti untuk menetapkan secara eksak (exact).
n
CIRI-CIRI
PENELITIAN DENGAN PENDEKATAN KUANTITATIF :
1.
Memiliki
variable, sub variable serta indikator-indikator sub variable yang jelas;
2.
Memiliki
hipotesis penelitian;
3.
Memiliki
populasi dan sample penelitian;
4.
Memerlukan
instrument dan teknik pengumpulan data;
5.
Memiliki
angka-angka sebagai data penelitian untuk dianalisis;
6.
Memerlukan
analisis data secara statistik.
n
PENGERTIAN
VARIABEL PENELITIAN
AVARIABEL ADALAH SUATU YANG
MENJADI OBJEK PENELITIAN.
SECARA UMUM VARIABEL TERBAGI 4
MACAM YAITU : VARIABEL BEBAS,
VARIABEL TERIKAT, VARIABEL MODERATOR DAN VARIABEL PENGACAU.
VARIABEL BEBAS (VARIABEL
PENGARUH) ADALAH VARIABEL INDEPENDENT YANG MEMUNGKINKAN MUNCULNYA
VARIABEL-VARIABEL LAIN.
VARIABEL TERIKAT (VARIABEL
TERPENGARUH) ADALAH VARIABEL DEPENDENT YANG MERUPAKAN AKIBAT DARI VARIABEL
BEBAS.
Variable moderator adalah
variable penengah antara variable satu dengan variable lainnya. Contoh : Kita
ingin mengetahui apakah hasil test bahasa Inggris (variable pengaruh)
mempengaruhi hasil test matematika (variable terpengaruh). Jika kita masukkan
variable lain (misalnya jenis kelamin, atau sosio ekonomi dari siswa yang
diteliti), maka ini disebut variable moderator.
INDIKATOR VARIABEL
n
Satu
konsep lain yang sangat penting dan pasti berhubungan dengan variable adalah
“Indikator”, yaitu sesuatu yang diteliti atau diukur, sama dengan variable.
Perbedaannnya adalah pada derajat empiriknya. Jika variable terletak pada
derajat yang abstrak dan konseptual, maka indicator terletak pada derajat
empiric dan operasional.
n
Indikator
harus diturunkan dari variable, akan tetapi apabila suatu variable sudah cukup
bersifat empiris dan operasional, maka kita tidak lagi memerlukan indicator
untuk variable tersebut. Contoh. Mengukur berat badan seseorang, maka cukuplah
ditimbang.
n
SUB
VARIABEL
Sub Variabel adalah bagian-bagian
atau hal-hal yang terikat dari variabel yang dapat diteliti, yang memungkinkan
dapat dibuat dalam bentuk angket atau intrumen wawancara.
Sub Variabel dapat terdiri dari
beberapa item yang dibuat dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan.
n
CONTOH-CONTOH
VARIABEL
JUDUL PENELITIAN
JUDUL PENELITIAN
n
Judul
Penelitian AKTIVITAS GURU PAI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SDN 1 SINGKAWANG
Ini adalah variabel tunggal atau hanya satu variabel
(yang bisa diteliti) yaitu Aktivitas Guru PAI dalam Proses Belajar Mengajar.
•
Judul
Penelitian HUBUNGAN AKTIVITAS GURU
PAI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PAI SDN 1 SINGKAWANG
Judul Penelitian ini terdiri dari 2
(dua) variabel yaitu : Variabel bebas (Aktivitas Guru PAI) dan Variabel Terikat
: Hasil Belajar Siswa.
n
POPULASI
dan SAMPEL
Populasi adalah objek utama dari
penelitian yang direncanakan. Populasi bisa terkait dengan manusianya serta
tindakannya maupun objek lain yang ada di alam. Apabila populasi dalam jumlah
banyak, maka diadakan sampel
disesuaikan dengan kaedah keilmuan.
n
Ada
beberapa teknik menentukan sample, antara lain :
1. Random
sampling/sampling acak
- Sampling acak sederhana yaitu dengan menggunakan lotre terhadap
populasi;
- Sampling acak beraturan (ordinal sampling); mengambil
nomor subjek
dengan jarak yang sama. Cont. Dengan kelipatan : 3,5,10 dst.
- Sampling acak dengan bilangan random; yaitu dengan membuat
tabel yang
disusun dengan urutan tertentu dari subjek. Cont. dibuat dengan grafik atau
prosentase tertentu.
l
Sampling
kelompok /cluster sampling, yaitu mengambil sampel dengan membuat ciri dari
kelompok populasi. Cont kls 1 SMP dengan latar belakang pekerjaan atau
pendidikan orang tua,
l
Sampling
berstrata atau bertingkat, yaitu apabila dalam populasi terdapat strata. Cont.
ada kelas 1,2 dan 3.
l
sampling
bertujuan/purposive sampling,
l
sampling
daerah atau wilayah,
l
sampling
kembar,
l
sampling
berimbang.
n
TEORI
PENENTUAN JUMLAH SAMPEL DARI POPULASI
Pada dasarnya tidak ada rumus
tertentu dalam penarikan sampel dari populasi;
Pada prinsipnya semakin besar
jumlah sampel yang ditarik dari populasi maka kemungkinan kesalahan penilitian
semakin kecil;
Penarikan sampel harus dapat
mewakili populasi.
n
HAL-HAL
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN SAMPEL DARI POPULASI
Menentukan objek penelitian
Menentukan populasi penelitian
Menentukan ukuran dan teknik
sampling
Mengambil sampel.
n
HIPOTESIS
PENELITIAN
Hipotesis merupakan jawaban
sementara terhadap masalah penelitian. Jawaban sementara tersebut diperoleh
melalui kerangka berpikir yang didasarkan pada kajian secara analisis dan
konklusif. Jika dalam kajian teoritik diambil teori-teori yang sudah mapan,
maka peneliti memiliki landasan berpijak yang kuat untuk menyusun kerangka
berpikir bagi perumusan hipotesis.
Hipotesis seperti ini disebut
hipotesis asumsi yaitu hipotesis yang dapat dirumuskan sebelum data terkumpul.
Jika teori-teori mengenai variabel
penelitian masih baru atau belum mapan maka peneliti belum memiliki dasar yang
kuat untuk menyusun kerangka berpikir bagi perumusan hipotesis.
n
JENIS-JENIS
HIPOTESIS
- Hipotesis nol (Ho ) : yaitu
tidak terdapat hubungan antar
variable;
- Hipotesis alternative (Ha) : yaitu terdapat hubungan antar
variable.
Catatan :
Untuk penelitian dengan metode
deskriptif, histories, filosofis, pelacakan, evaluasi, dan tindakan tidak
memerlukan hipotesis. Adapun untuk penelitian yang menggunakan satu variable
boleh menggunakan atau tidak menggunakan hipotesis.
n
OBJEK
dan WILAYAH PENELITIAN
OBJEK PENELITIAN
disesuaikan dengan Lembaga STIT Syarif Abdurrahman Singkawang
1.
Siswa
Muslim (SMP ke atas) dan Mahasiswa;
2.
Guru
Agama Islam dan Dosen Mata Kuliah Keislaman.
3.
Majelis-majelis
Ta’lim
Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian ini
menjelaskan secara rinci bagaimana instrumen dirancang, disusun dan dijadikan alat
untuk memperoleh data penelitian.
Kisi-kisi intrumen penelitian
dirumuskan mengacu pada sub variabel yang telah ditetapkan.
Item-item instrumen dinyatakan
dalam bentuk angket.
n
INSTRUMEN
PENGUMPULAN DATA MENGGUNAKAN ANGKET.
Angket merupakan daftar pertanyaan
yang diberikan kepada orang lain dengan tujuan responden dapat memberikan
respons sesuai dengan permintaan pengguna.
n
Angket
dibedakan menjadi 3 Jenis, yaitu :
1. Angket Terbuka;
2. Angket Tertutup
3. Angket Gabungan (Terbuka dan
tertutup).
n
ANGKET
TERBUKA
Adalah angket yang disajikan dan
diisi oleh responden sesuai dengan kehendak dan keadaannya. Contoh :
Penataran apa saja yang pernah
anda ikuti yang menunjang tugas anda mengajar ? Tuliskan penataran apa, dimana
dan berapa lama………………………………………………………………………………………………………………………………
Jawaban dari pertanyaan ini sulit
untuk peneliti nominalkan apabila peneliti belum mempunyai standarisasi
jawaban.
n
ANGKET
TERTUTUP
Angket yang disajikan dalam
bentuk dimana responden hanya memberikan tanda centang (v) pada kolom yang
sesuai. Contoh :
1. Pernahkah
anda memperoleh penataran yang menunjang tugas anda
mengajar ? A. pernah B. tidak
pernah
2. Jika
pernah, penataran tentang apa saja (dapat memberikan centang lebih dari satu). A. materi bidang studi. B. Metode mengajar. C. Menggunakan media. D. Menyusun alat evaluasi
Menggunakan angket model ini bisa
peneliti nominalkan hasilnya dengan catatan standarisasi katagori penilaian
harus jelas.
n
ANGKET
CAMPURAN. Contoh :
- Pernahkah anda mendapat
penataran yang menunjang tugas anda mengajar ? Jika pernah berapa kali ?
a. Tidak
pernah (langsung ke nomor 3)
b. Pernah,
yaitu …. (teruskan ke no. 2)
- Penataran apa saja yang anda
ikuti dan berapa lama ?
a. Materi pelajaran…………………..hari
b. Metode mengajar…………………hari
c. Penggunaan media……………….hari
d. Penyusunan alat evaluasi………..hari
n
ANGKET
DENGAN MENGGUNAKAN SKALA LIKERT.
Yaitu angket yang telah
menyediakan alternatif jawaban dengan ketentuan katagori. Contoh untuk 5
katagori.
A nilai (5). B (4) C (3) D (2) E
(1) untuk pertanyaan Positif.
A nilai (1). B (2) C (3) D (4) E
(5) untuk pertanyaan Negatif.
Contoh pertanyaan dengan Skala
Likert
n
Dalam
upaya meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan tugas belajar mengajar,
makasetiap guru diberikan pendidikan dan pelatihan secara berkala setiap tahun.
n
CONTOH
KISI-KISI INSTRUMEN PENELITIAN.
Metode/
Teknik Pengumpulan Data
Teknik Pengumpulan Data
n
Metode/Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data disertai alasannya perlu dijelaskan. Data
yang terkumpul dari setiap variabel harus jelas skala pengukurannya, sehingga
dapat membantu penditeksian kecocokan skala data dengan teknik analisis.
n
ANALISIS
DATA
q
Teknik
dan prosedur analisis data yang digunakan peneliti
beserta alasannya perlu dijelaskan. Analisis data
dilakukan sesuai dengan kebutuhan penelitian dan
metode penelitian, apakah memerlukan normalitas
data, linieritas data, deskripsi data, dan sejenisnya
sebelum melakukan analisis ( Chi Kuadrat,
Korelasi, Regresi, dsb).
q
Analisis
data dapat dilakukan secara manual maupun komputer
dengan program-program statistik yang telah
diakui, baik skala nasional maupun internasional.
n
FORMAT
PENELITIAN KUANTITATIF
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II : KAJIAN KEPUSTAKAAN
A. Kajian/ Landasan Teori
1. Konsep Variabel
2. Teori – Teori yang Mendukung
B. Kajian/ Hasil Penelitian Terdahulu
C. Kerangka Pemikiran
D. Hipotesis Penelitian
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
A. Wilayah Penelitian
B. Populasi dan Sampel
C. Definisi Operasional
D. Instrumentasi Penelitian
E. Metode/ Teknik Pengumpulan Data
F. Analisis Data
BAB IV : HASIL
PENELITIAN
A. Deskripsi Data
B. Pengujian Persyaratan Analisis
C. Pengujian Hipotesis
D. Diskusi/ Pembahasan
E. Keterbatasan Penelitian
BAB V : KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Implikasi Hasil Penelitian
C. Saran – Saran
DAFTAR KEPUSTAKAAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar