Kamis, 10 Desember 2015

Soal REmidi

ULANGAN AKHIR SEMESTER (REMIDI)
SEMESTER GANJIL MADRASAH ALIYAH
MGMP MAN BANGIL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mata Pelajaran     : BAHASA INDONESIA
Hari/Tanggal     : 
Kelas                    : XI
Waktu                : ........Menit

PetunjukUmum

1.      Berdo’a dan bacalah “Basmallah” sebelum Anda mengerjakan!
2.      Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan.
3.      Jumlah soal sebanyak 25 butir soal pilihan ganda.

Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Perhatikan cerpen di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2 !
      “Ya, mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya. Di tikungan terakhir menju kampungku. “Lebih enak jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
      Aneh dia seperti tak hendak menghentikan becaknya. Mungkin dia sedang menguji mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah dia terus membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak dilewatinya.
      Begitu memasuki gapura kampong, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin.
      Aku menoleh ke tukang becak yang berhenti tepat di depan gapura kampong. Ia turun dan berdiri di sana sambil tetap memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah monument. Sampai di rumah aku ceritakan pengalamanku pada ibu. Lama ibuku terdiam da menatapku dan baru kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba jadi tukang becak.”
1.      Amanat yang tersirat dalam penggalan cerpen tersebut adalah….


A.     Kita harus memilih-milih tukang becak
B.     Kita harus memahami keadaan tukang becak
C.     Kita harus pandai menawar ongkos becak
D.     Jangan memberi hati kepada tukang becak
E.      Sebaiknya tukang becak harus tahu diri


2.      Tokoh aku berwatak….


A.     Individualis
B.     Angkuh
C.     Egois
D.     Madiri
E.      Percaya diri

3.      Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Aku, putra sulung di keluargaku. Sebagai seorang anak, aku ingin selalu bersama kedua orangtuaku. Mereka yang menjaga dan mendidikku sehingga aku menjadi anak yang berbudi  baik. Namun, keadaan berubah ketika aku duduk di kelas VIII. Prahara rumah tangga yang membuat kedua orangtua kami harus bercerai. Aku tidak dapat lagi merasakan hangatnya keluarga. Rumah yang dulu bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan. Tak ada lagi kedamaian yang aku rasa. Tak ada lagi ayah yang dulu selalu mengajariku banyak hal tentang hidup  dan mengajariku menjadi pribadi yang tangguh. ...
Kutipan Cerpen di atas merupakan bagian ...





  1. abstrak
  2. orientasi
  3. komplikasi
  4. evaluasi
  5. resolusi


4.      Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Ternyata benar, di setiap musibah ada hikmah yang diambil. Kita ikhlas dan bersabar menghadapinya. Aku bisa belajar banyak hal, banyak pengalaman yang yang aku dapat dari sana. Sekarang, walaupun fisikku tidak sempurna, aku bisa menjalani hidup seperti biasa. Aku bekerja di sebuah laundry.
Kutipan Cerpen di atas merupakan bagian ...


  1. Komplikasi
  2. Koda
  3. Evaluasi
  4. Resolusi
  5. Orientasi


5.      Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Konon tersebutlah seorang raja yang bernama Prabu Baka. Beliau bertahta di Prambanan. Raja ini seorang raksasa yang menakutkan dan besar kekuasaannya. Meskipun demikian, kalau sudah takdir, dan akhirnya dia kalah juga dengan raja pengging. Prabu baka meninggal di medan perang. Kemenangan raja pengging itu disebabkan oleh bantuan bondowoso yang terkenal sebagai bandung bondowoso karena dia memiliki senjata sakti yang bernama bandung. Dan akhirnya bandung bondowo menempati prambanan. Dia terpesona oleh kecantikan roro jonggrang, putri bekas lawannya.
Kutipan cerita pendek tersebut merupakan bagian ...


  1. abstrak
  2. orientasi
  3. komplikasi
  4. evaluasi
  5. resolusi


6.      Bacalah kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Dari cerita di atas kita dapat belajar bahwa manusia itu selalu sok jago, mau sok menguasai kehidupan, mau sok pintar. Tapi di balik itu, lihat saja banyak orang terbirit-birit kembali ke hidup alamiah. Atau paling tidak sering memuji-muji kehidupan masa lalu.
Kutipan cerita pendek tersebut merupakan bagian ...


  1. abstrak
  2. orientasi
  3. komplikasi
  4. evaluasi
  5. resolusi


Bacalah kutipan cerpen berikut ini untuk menjawab soal no. 7 s/d 9!
Waktu bangun pagi-pagi Noerdin merasa badannya kurang enak. Sehari itu ia tidak bekerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit, tetapi bukan main rindunya hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi disuruhnya jemput Rukmini hari itu juga.
Darah Muda, Adinegoro
7.       Tema dari kutipan cerpen di atas adalah ...


  1. keluarga
  2. persahabatan
  3. percintaan
  4. perseteruan
  5. pernyesalan





8.        Watak dari tokoh Noerdin dalam kutipan cerpen di atas adalah ...


A.     sopan
B.     tabah
C.     tidak malu
D.     jujur
E.      teguh


Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan saksama!
Ketika berpikir tentang keluarga kami yang berbahagia, Sandra hanya mendapatkan gambaran tentang sebuah rumah yang berantakan. Botol-botol dan kaleng-kaleng minuman yang kosong berantakan di meja, lantai, bahkan sampai ke atas tempat tidur. Tumpahan bir berceceran di atas kasur yang sepreinya terseret entah ke mana. Bantal-bantal tak bersarung. Pintu tak pemah tertutup dan sejumlah manusia yang terus-menerus mendengkur bahkan ketika Sandra pulang dari sekolah.



9.       Suasana yang terdapat dari kutipan diatas adalah .......


  1. tenang
  2. menegangkan
  3. berantakan
  4. ramai
  5. damai


10.   Nilai yang paling kuat terlihat dalam kutipan cerpen di atas adalah ....


  1. moral
  2. ekonomi
  3. religius
  4. budaya
  5. sosial


Perhatikan cuplikan cerpen di bawah ini
Alangkah terkejutnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpenggang panas, merintih kesakitan. Dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya, karena semua orang yang diliharnya di neraka tak kurang ibadatnya dari diri sendiri. Bahkan ada salah seorang yang telah sampai empat belas kali ke Mekkah dan bergelar Syeh pula. Lalu Haji Saleh mendekati mereka, lalu bertanya kenapa mereka di neraka semuanya. Tetapi sebagaimana Haji Saleh, orang-orang itu pun tak mengerti juga.
“Bagaimana Tuhan kita ini?” kata Haji Saleh kemudian. “Bulankah kita disuruh-Nya taat beribadat, teguh beriman? Dan itu semua sidah kita kerjakan selama hidup kita. Tapi kini kita dimasukkan ke neraka.”
11.  Nilai yang terkandung dalam cuplikan tersebut berkaitan dengan masalah keagamaan yakni bahwa….
  1. Tuhan sangat berkuasa atas makhlluk-makhluk-Nya
  2. hubungan manusa dengan manusia sangat penting agar tida masuk neraka
  3. kehidupan di neraka sangat menakutkan sehingga orang perlu beragama
  4. gelar haji tidak menjadi jaminan bagi seseorang utuk masuk surge
  5. ketaatan seseorang dalam beragama tidak menjamin ia dapat terhindar kemungkinan masuk neraka.
12.  Lalu ia sudah sampai di sana ketika tembakan berhenti. Ia nekad berjongkok dan melihat darah meleleh-leleh pada lengan baju kiri Amir di kawasan pundak. Amir menyeringai dan wajahnya tampak seperti kain kafan. Ia sedang bergelut dengan rasa menggigit-gigit di bahu kiri dan kegembiraan karena sahabat karibnya telah datang. Betapa besar arti seorang sahabat ketika ia sedang dibutuhkan! Di depannya Amir tidak mau merintik.
      Cuplikan di atas dapat diceritakan kembali dalam sebuah kalimat, yakni….
  1. Amir kepayahan
  2. sahabat sangat penting saat menderita
  3. peperangan selalu memakan korban
  4. perlu saling menolong dalam kondisi kesusahan
  5. seorang korban menanti pertolongan sahabatnya.
13.  Teriakan melengking di antara letusan peluru yang membuat Busrodin menoleh ke belakang. Seperti diduganya, ia melihat Amir terguling di tanah, tangan kanannya memelantingkan senapan lalu memegang bahu kirinya. Ada semacam tali gaib yang mengikat batin Busrodin dan Amir dengan cara yang ganjil. Busrodin tahu Amir tertembak dan ia segera menolong. Ketika ia mau bangkit untuk meloncat, ia mendengar Amir berteriak, “Busrodin! Aku kena!”
Kalimat yang bisa mewakili gambaran cerita tersebut adalah….


A.     Amir terguling
B.     Amir tertembak
C.     Busrodin menoleh
D.     Amir dan Busrodin berperang
E.      Dua sahabat mengalami luka tembak
14.  Tema                     : Persahabatan
Spesifikasi tema     : Saling membantu dalam persahabatan
Larik bagian isi pantun yang tepat untuk tema tersebut adalah....
A.     Jika sahabat kesusahan
Hendaklah kita datang membantu
B.     Kita hidup bergotong royong
Sesama tetangga saling membantu
C.     Marilah kita bekerja sama
Agar pekerjaan menjadi ringan
D.     Kita dapat saling berbagi
Dalam suka maupun duka
E.      Tidak ada sahabat jahat
Semuaya akan membantu
15.  Perhatikan pantun berikut!
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.     (1) Jangan ragu berbuat baik
(2) Senyum saja sudah ibadah
B.     (1) Pikir dulu sebelum bertindak
(2) Menyesal kemudian tiada guna
C.     (1) Supaya tidak sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
D.      (1) Mari kita jalin silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara
E.      (1) Jika kita rajin belajar
(2) Prestasi tinggi mudah diraih
16.  Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .
A.     4 - 3 - 2 - 1
B.     1- 3 - 2 - 4
C.     4 - 2 - 1 - 3
D.     2 - 3 - 1 - 4
E.      1- 2- 3- 4
17.  Perhatikan pantun berikut!
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama adalah . . .

A.     Pintu
B.     Taman
C.     Rumah
D.     Pagar
E.      Kursi
18.  Perhatikan pantun berikut!
Sungguh indah pintu di pahat
Burung puyuh di atas dahan
Kalau hidup hendak selamat
Taat selalu perintah Tuhan
Abstraksi yang tepat untuk pantun tersebut adalah....
  1. Agar hidup kita selamat, kita harus menaati perintah Tuhan.
  2. Agar kita disenangi orang, kota harus menaati perintah Tuhan.
  3. Tidak ada manusia yang ingin hidup sengsara di dunia.
  4. Jika pintu rumah di pahat, hidup kita akan selamat.
  5. Tuhan ingin selalu manusia menaati perintahnya.
19.  Perhatikan ilustrasi berikut!
Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun. Sekarang mereka harus menanggung segala akibat dari perbuatannya.
Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.     Kurang pikir kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat.
B.     Siapa menggemari silang-sengketa, kelaknya pasti berdukacita.
C.     Membuat perkara amatlah mudah, jika terjadi timbullah gundah.
D.     Fikir dahulu sebelum berkata, supaya terelak silang-sengketa.
E.      Kalau diri kena perkara, turut susah sanak saudara.
20.  Perhatikan teks  pantun dibawah ini!
Bukan lebah sembarang lebah
Lembah bersarag dibuku buluh
Bukan sembah sembarang sembah
Sembah bersarang jari sepuluh
Pada teks  pantun diatas terdapat kata “bersarang jari sepuluh” yang memiliki arti:…..
A.     Sembah kepada tuhan
B.     Sembah sujud
C.     Sembah dengan sungguh-sungguh dengan sepuluh jari
D.     Sembah yang bertumpu disepuluh jari
E.      Sembah yang menggunakan jari.

21.  Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah ini dengan seksama!
1)      Diantaranya Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI, Inilah Bahasa Indonesia yang Benar, Membina Bahasa Indonesia Baku, dan Kamus Umum Bahasa Indonesia yang disusunnya bersama Muhammad Zain.
2)      Buku-buku yang ditulisnya kurang lebih 28 judul.
3)      Ia juga memberikan ceramah dan mengikuti seminar di dalam maupun di luar negeri.
4)      Pendidikan Sarjana ditempuhnya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran di Bandung (1963), Postgraduate Study Linguistic di Leiden-Holland (1971–1973), danmemperoleh gelar doctor dalam ilmu-ilmu sastra dengan pengkhususan linguistik di Universitas Indonesia (1975).
5)      Yus Badudu menjadi pengajar lebih dari 50 tahun, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
6)      Di sanalah ia dibesarkan dan menamatkan sekolahnya.
7)      Ketika usianya menginjak 3 tahun,orangtuanya hijrah ke Poso, Sulawesi Tengah.
8)      Prof. Dr. H. Jusuf Sjarif Badudu, yang lebih dikenal dengan nama Yus Badudu, dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1926 di Gorontalo.
Cerpen di atas apabila disusun menjadi urutan yang benar adalah…
A.     1-2-3-4-5-6-7-8.
B.     8-7-6-4-5-3-2-1.
C.     1-2-6-7-3-4-8-5.
D.     6-7-8-1-2-3-4-5.
E.      1-2-4-3-6-5-8-7.
22.  Perhatikan kutipan teks cerita ulang berikut!
Rolihlahla Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Umtata, Afrika Selatan. Dia anak dari seorang kepala suku. Nama Rolihlalakadang diartikan sebagai ‘pembuat onar’, sementara nama Nelson baru kemudian
ditambahkan oleh guru sekolah dasarnya yang membayangkan suatu kemegahan kerajaan pada nama itu. Masa kecil Mandela cukup damai, dia banyak menghabiskan waktu menggembala atau melakukan
kesibukan pedesaan yang lain. Ketika ayahnya meninggal, dia diurus oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati. Wanita yang pernah mendampingi hidupnya ada beberapa orang, yaitu Evelyn Mase
(cerai 1957), Nkosikazi Nomzamo Madikizela atau Winnie Mandela (cerai 1996), dan Graca Machel-Mandela (menikah 1998).
Kutipan teks cerita ulang tersebut merupakan bagian ...


  1. abstrak
  2. orientasi
  3. urutan peristiwa
  4. evaluasi
  5. reorientasi
23.  Perhatikan kutipan teks cerita ulang berikut!
Pemerintah kemudian menggelar peradilan besar-besaran terhadap para “pengkhianat”, Mandela termasuk di antaranya. Namun, pada 1961 semua itu berakhir dengan pembebasan ke-156 tertuduh. Kemudian, Afrika Selatan “bergolak” karena pembantaian para demonstran kulit hitam di Sharpeville pada Maret 1960. Akan tetapi, Pemerintah tetap konsisten menghantam oposisi: sebagian besar gerakan pembebasan, termasuk ANC, dilarang. Mandela yang telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang kulit hitam, berjuang di
bawah tanah selama lebih dari setahun dan bepergian ke luar negeri untuk mencari dukungan bagi ANC.
Kutipan teks cerita ulang tersebut merupakan bagian ...


  1. abstrak
  2. orientasi
  3. urutan peristiwa
  4. evaluasi
  5. reorientasi
24.  Bacalah teks biografi berikut dengan saksama!
Pendidikan yang sempat diterima M. Yamin, antara lain, Hollands Inland School (HIS) di Palembang, tercatat sebagi peserta kursus pada Lembaga Pendidikan Peternakan dan Pertanian di Cisarua, Bogor, Algemene Middelbare School (AMS) ‘ Sekolah Menegah Umum di Yogya’, dan HIS di Jakarta. Yamin menempuh pendidikan AMS setelah menyelesaikan sekolahnya di Bogor yang dijalaninya selama lima tahun. Studi di AMS Yogya sebetulnya merupakan persiapan Yamin untuk mempelajari kesusastraan Timur di Leiden. Di AMS ia mempelajari bahasa Yunani , bahasa Latin, Bahasa Kael, dan sejarah purbakala. Dalam waktu tiga tahun saja ia berhasil meguasai keempat mata pelajaran tersebut suatu prestasi yang jarang dicapai oleh  manusia biasa. Dalam mempelajari bahasa Yunani, Yamin dapat mendapat bantuan dari pastor-pastor di Seminari Yogya, sedangkan dalam bahasa Latin ia dibantu Prof. H. Kraemer dan DS  Backer
Hal yang menarik dan perlu diteladani dari biografi M. Yamin adalah….
A.        dapat  berkomunikasi dalam bahasa Latin dan bahasa Yunani.
B.        memiliki otak yang cerdas dalam belajar.
C.        pernah menjadi siswa peternakan dan pertanian
D.        banyak mendapat bantuan dari pastor dalam belajar
E.         menguasai tiga bahasa dalam waktu tiga tahun..
25.  Cermati penggalan teks biografi di bawahini!
Padatahun 1950-an, Bally adalah sebuah merk sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk membantu kerabat dan handaitaulan yang dating kepadanya untuk meminta pertolongan. Hingga akhir hayatnya,  sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan  menjadi saksi keinginan sederhana dari seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan meminta tolong kepada para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung Hatta.“Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan sukar dan lama, yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri,” kata AdiSasono, Ketua Pelaksana Peringatan Satu Abad Bung Hatta.   
Keteladanan Bung Hatta sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah ….
A.       semua uang tabungannya untuk membantu handaitaulannya
B.        uang tabungannya selalu terambil untuk keperluan rumah tangga
C.        ia berusaha menabung agar bisa membeli segala yang diidamkannya
D.       ia lebih mendahulukan orang lain daripada kepentingannya sendiri
E.        ia tidak mau meminta-minta hanya untuk kepentingan orang lain

Lembar jawaban dikumpulkan terakhir hari Selasa 15 Desember 2015
Lembar Jawaban
Nama         :
Kelas         :

No
Jawaban
No
Jawaban
1

16

2

17

3

18

4

19

5

20

6

21

7

22

8

23

9

24

10

25

11



12



13



14



15



Tidak ada komentar:

Posting Komentar