ULANGAN AKHIR
SEMESTER (REMIDI)
SEMESTER GANJIL MADRASAH ALIYAH
MGMP
MAN BANGIL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : BAHASA
INDONESIA
|
Hari/Tanggal :
|
Kelas : XI
|
PetunjukUmum
1. Berdo’a dan bacalah “Basmallah” sebelum Anda mengerjakan!
2. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang
disediakan.
3. Jumlah
soal sebanyak 25 butir soal pilihan ganda.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!
Perhatikan cerpen di bawah ini
untuk menjawab soal nomor 1 dan 2 !
“Ya,
mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya. Di tikungan terakhir menju kampungku.
“Lebih enak jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
Aneh
dia seperti tak hendak menghentikan becaknya. Mungkin dia sedang menguji
mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah dia terus
membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak
dilewatinya.
Begitu
memasuki gapura kampong, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping
logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin.
Aku
menoleh ke tukang becak yang berhenti tepat di depan gapura kampong. Ia turun
dan berdiri di sana sambil tetap memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku
menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah monument. Sampai di rumah aku
ceritakan pengalamanku pada ibu. Lama ibuku terdiam da menatapku dan baru
kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba jadi tukang becak.”
1.
Amanat
yang tersirat dalam penggalan cerpen tersebut adalah….
A.
Kita
harus memilih-milih tukang becak
B.
Kita
harus memahami keadaan tukang becak
C.
Kita
harus pandai menawar ongkos becak
D.
Jangan
memberi hati kepada tukang becak
E.
Sebaiknya
tukang becak harus tahu diri
2.
Tokoh
aku berwatak….
A.
Individualis
B.
Angkuh
C.
Egois
D.
Madiri
E.
Percaya
diri
3. Bacalah
kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Aku, putra sulung di keluargaku.
Sebagai seorang anak, aku ingin selalu bersama kedua orangtuaku. Mereka yang
menjaga dan mendidikku sehingga aku menjadi anak yang berbudi baik. Namun, keadaan berubah ketika aku duduk
di kelas VIII. Prahara rumah tangga yang membuat kedua orangtua kami harus
bercerai. Aku tidak dapat lagi merasakan hangatnya keluarga. Rumah yang dulu
bagiku adalah sebuah surga dan kini berubah jadi tempat gelap yang membosankan.
Tak ada lagi kedamaian yang aku rasa. Tak ada lagi ayah yang dulu selalu
mengajariku banyak hal tentang hidup dan
mengajariku menjadi pribadi yang tangguh. ...
Kutipan
Cerpen di atas merupakan bagian ...
4. Bacalah
kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Ternyata benar, di setiap musibah
ada hikmah yang diambil. Kita ikhlas dan bersabar menghadapinya. Aku bisa
belajar banyak hal, banyak pengalaman yang yang aku dapat dari sana. Sekarang,
walaupun fisikku tidak sempurna, aku bisa menjalani hidup seperti biasa. Aku
bekerja di sebuah laundry.
Kutipan Cerpen di atas merupakan
bagian ...
- Komplikasi
- Koda
- Evaluasi
- Resolusi
- Orientasi
5. Bacalah
kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Konon tersebutlah seorang raja
yang bernama Prabu Baka. Beliau bertahta di Prambanan. Raja ini seorang raksasa
yang menakutkan dan besar kekuasaannya. Meskipun demikian, kalau sudah takdir, dan
akhirnya dia kalah juga dengan raja pengging. Prabu baka meninggal di medan
perang. Kemenangan raja pengging itu disebabkan oleh bantuan bondowoso yang
terkenal sebagai bandung bondowoso karena dia memiliki senjata sakti yang
bernama bandung. Dan akhirnya bandung bondowo menempati prambanan. Dia terpesona
oleh kecantikan roro jonggrang, putri bekas lawannya.
Kutipan cerita pendek tersebut
merupakan bagian ...
- abstrak
- orientasi
- komplikasi
- evaluasi
- resolusi
6. Bacalah
kutipan cerpen di bawah ini dengan saksama!
Dari cerita di atas kita dapat
belajar bahwa manusia itu selalu sok jago, mau sok menguasai kehidupan, mau sok
pintar. Tapi di balik itu, lihat saja banyak orang terbirit-birit kembali ke
hidup alamiah. Atau paling tidak sering memuji-muji kehidupan masa lalu.
Kutipan cerita pendek tersebut
merupakan bagian ...
- abstrak
- orientasi
- komplikasi
- evaluasi
- resolusi
Bacalah kutipan cerpen berikut ini
untuk menjawab soal no. 7 s/d 9!
Waktu bangun pagi-pagi Noerdin
merasa badannya kurang enak. Sehari itu ia tidak bekerja dan panasnya amat
tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan.
Lain tidak yang disebutnya ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak
turun sedikit, tetapi bukan main rindunya hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak
malu lagi disuruhnya jemput Rukmini hari itu juga.
Darah Muda, Adinegoro
7.
Tema dari kutipan cerpen di atas adalah ...
- keluarga
- persahabatan
- percintaan
- perseteruan
- pernyesalan
A.
sopan
B.
tabah
C.
tidak
malu
D.
jujur
E.
teguh
Bacalah kutipan cerpen berikut
ini dengan saksama!
Ketika berpikir tentang keluarga
kami yang berbahagia, Sandra hanya mendapatkan gambaran tentang sebuah rumah
yang berantakan. Botol-botol dan kaleng-kaleng minuman yang kosong berantakan
di meja, lantai, bahkan sampai ke atas tempat tidur. Tumpahan bir berceceran di
atas kasur yang sepreinya terseret entah ke mana. Bantal-bantal tak bersarung.
Pintu tak pemah tertutup dan sejumlah manusia yang terus-menerus mendengkur
bahkan ketika Sandra pulang dari sekolah.
9.
Suasana yang terdapat dari kutipan diatas
adalah .......
- tenang
- menegangkan
- berantakan
- ramai
- damai
10. Nilai yang paling kuat terlihat dalam kutipan
cerpen di atas adalah ....
- moral
- ekonomi
- religius
- budaya
- sosial
Perhatikan cuplikan cerpen di
bawah ini
Alangkah terkejutnya Haji Saleh,
karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpenggang panas, merintih
kesakitan. Dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya, karena semua
orang yang diliharnya di neraka tak kurang ibadatnya dari diri sendiri. Bahkan
ada salah seorang yang telah sampai empat belas kali ke Mekkah dan bergelar
Syeh pula. Lalu Haji Saleh mendekati mereka, lalu bertanya kenapa mereka di
neraka semuanya. Tetapi sebagaimana Haji Saleh, orang-orang itu pun tak
mengerti juga.
“Bagaimana Tuhan kita ini?” kata
Haji Saleh kemudian. “Bulankah kita disuruh-Nya taat beribadat, teguh beriman?
Dan itu semua sidah kita kerjakan selama hidup kita. Tapi kini kita dimasukkan
ke neraka.”
11. Nilai yang terkandung
dalam cuplikan tersebut berkaitan dengan masalah keagamaan yakni bahwa….
- Tuhan
sangat berkuasa atas makhlluk-makhluk-Nya
- hubungan
manusa dengan manusia sangat penting agar tida masuk neraka
- kehidupan
di neraka sangat menakutkan sehingga orang perlu beragama
- gelar
haji tidak menjadi jaminan bagi seseorang utuk masuk surge
- ketaatan
seseorang dalam beragama tidak menjamin ia dapat terhindar kemungkinan
masuk neraka.
12. Lalu ia sudah sampai
di sana ketika tembakan berhenti. Ia nekad berjongkok dan melihat darah
meleleh-leleh pada lengan baju kiri Amir di kawasan pundak. Amir menyeringai
dan wajahnya tampak seperti kain kafan. Ia sedang bergelut dengan rasa
menggigit-gigit di bahu kiri dan kegembiraan karena sahabat karibnya telah datang.
Betapa besar arti seorang sahabat ketika ia sedang dibutuhkan! Di depannya Amir
tidak mau merintik.
Cuplikan di atas dapat diceritakan kembali
dalam sebuah kalimat, yakni….
- Amir kepayahan
- sahabat sangat penting saat menderita
- peperangan selalu memakan korban
- perlu saling menolong dalam kondisi kesusahan
- seorang korban menanti pertolongan sahabatnya.
13. Teriakan melengking di
antara letusan peluru yang membuat Busrodin menoleh ke belakang. Seperti
diduganya, ia melihat Amir terguling di tanah, tangan kanannya memelantingkan
senapan lalu memegang bahu kirinya. Ada semacam tali gaib yang mengikat batin
Busrodin dan Amir dengan cara yang ganjil. Busrodin tahu Amir tertembak dan ia
segera menolong. Ketika ia mau bangkit untuk meloncat, ia mendengar Amir
berteriak, “Busrodin! Aku kena!”
Kalimat yang bisa mewakili
gambaran cerita tersebut adalah….
A.
Amir
terguling
B.
Amir
tertembak
C.
Busrodin
menoleh
D.
Amir
dan Busrodin berperang
E.
Dua
sahabat mengalami luka tembak
14.
Tema : Persahabatan
Spesifikasi tema : Saling membantu dalam persahabatan
Larik bagian isi
pantun yang tepat untuk tema tersebut adalah....
A.
Jika sahabat kesusahan
Hendaklah kita datang
membantu
B.
Kita hidup bergotong royong
Sesama tetangga
saling membantu
C.
Marilah kita bekerja sama
Agar pekerjaan
menjadi ringan
D.
Kita dapat saling berbagi
Dalam suka maupun
duka
E.
Tidak ada sahabat jahat
Semuaya akan membantu
15. Perhatikan pantun berikut!
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
Buah cempedak buah durian
Pergi ke pekan naik sepeda
[…] (1)
[…] (2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.
(1) Jangan ragu berbuat baik
(2) Senyum saja sudah ibadah
(2) Senyum saja sudah ibadah
B.
(1) Pikir dulu sebelum bertindak
(2) Menyesal kemudian tiada guna
(2) Menyesal kemudian tiada guna
C.
(1) Supaya tidak sesal kemudian
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
(2) Diperlukan selalu sikap waspada
D.
(1) Mari
kita jalin silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara
(2) Untuk menambah sanak saudara
E.
(1) Jika kita rajin belajar
(2)
Prestasi tinggi mudah diraih
16. Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
1).Mendapat kawan senang rasanya
2).Bila dimasak dan dimakan
3).Tentu boleh kita berkenalan
4).Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang
baik bila disusun dengan urutan . . .
A.
4 - 3 - 2 - 1
B.
1- 3 - 2 - 4
C.
4 - 2 - 1 - 3
D.
2 - 3 - 1 - 4
E.
1- 2- 3- 4
17. Perhatikan pantun berikut!
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
1).Pohon jati pohon bambu
2).Tumbuh rimbun menjadi pagar
3).Menangis adik di depan . . . .
4).Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata
yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama
adalah . . .
A.
Pintu
B.
Taman
C.
Rumah
D.
Pagar
E.
Kursi
18. Perhatikan pantun berikut!
Sungguh indah pintu
di pahat
Burung puyuh di atas
dahan
Kalau hidup hendak
selamat
Taat selalu perintah
Tuhan
Abstraksi yang tepat
untuk pantun tersebut adalah....
- Agar hidup kita selamat,
kita harus menaati perintah Tuhan.
- Agar kita disenangi orang,
kota harus menaati perintah Tuhan.
- Tidak ada manusia yang ingin
hidup sengsara di dunia.
- Jika pintu rumah di pahat,
hidup kita akan selamat.
- Tuhan ingin selalu manusia
menaati perintahnya.
19. Perhatikan
ilustrasi berikut!
Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun.
Sekarang mereka harus menanggung segala akibat dari perbuatannya.
Gurindam
yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A. Kurang pikir kurang siasat, tentu
kelak dirimu tersesat.
B. Siapa menggemari silang-sengketa,
kelaknya pasti berdukacita.
C. Membuat perkara amatlah mudah, jika
terjadi timbullah gundah.
D. Fikir dahulu sebelum berkata, supaya
terelak silang-sengketa.
E. Kalau diri kena perkara, turut susah
sanak saudara.
20. Perhatikan
teks pantun dibawah ini!
Bukan lebah sembarang lebah
Lembah bersarag dibuku buluh
Bukan sembah sembarang sembah
Sembah bersarang jari sepuluh
Pada
teks pantun diatas terdapat kata “bersarang jari sepuluh” yang memiliki
arti:…..
A. Sembah kepada tuhan
B. Sembah sujud
C. Sembah
dengan sungguh-sungguh dengan sepuluh jari
D. Sembah yang bertumpu disepuluh jari
E. Sembah yang menggunakan jari.
21. Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah ini dengan
seksama!
1) Diantaranya Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Pembinaan Bahasa Indonesia di
TVRI, Inilah Bahasa Indonesia yang Benar, Membina Bahasa Indonesia Baku, dan
Kamus Umum Bahasa Indonesia yang disusunnya bersama Muhammad Zain.
2) Buku-buku yang ditulisnya kurang lebih 28 judul.
3) Ia juga memberikan ceramah dan mengikuti seminar di dalam maupun di luar
negeri.
4) Pendidikan Sarjana ditempuhnya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran
di Bandung (1963), Postgraduate Study Linguistic di Leiden-Holland (1971–1973),
danmemperoleh gelar doctor dalam ilmu-ilmu sastra dengan pengkhususan
linguistik di Universitas Indonesia (1975).
5) Yus Badudu menjadi pengajar lebih dari 50 tahun, mulai dari sekolah dasar
sampai perguruan tinggi.
6) Di sanalah ia dibesarkan dan menamatkan sekolahnya.
7) Ketika usianya menginjak 3 tahun,orangtuanya hijrah ke Poso, Sulawesi
Tengah.
8)
Prof. Dr. H. Jusuf Sjarif Badudu, yang lebih dikenal
dengan nama Yus Badudu, dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1926 di Gorontalo.
Cerpen di
atas apabila disusun menjadi urutan yang benar adalah…
A. 1-2-3-4-5-6-7-8.
B. 8-7-6-4-5-3-2-1.
C. 1-2-6-7-3-4-8-5.
D. 6-7-8-1-2-3-4-5.
E. 1-2-4-3-6-5-8-7.
22. Perhatikan kutipan teks cerita ulang berikut!
Rolihlahla Mandela
lahir pada 18 Juli 1918 di Umtata, Afrika Selatan. Dia anak dari seorang kepala
suku. Nama Rolihlalakadang diartikan sebagai ‘pembuat onar’, sementara nama
Nelson baru kemudian
ditambahkan oleh guru
sekolah dasarnya yang membayangkan suatu kemegahan kerajaan pada nama itu. Masa
kecil Mandela cukup damai, dia banyak menghabiskan waktu menggembala atau
melakukan
kesibukan pedesaan
yang lain. Ketika ayahnya meninggal, dia diurus oleh seorang sanak keluarganya
yang menjadi bupati. Wanita yang pernah mendampingi hidupnya ada beberapa
orang, yaitu Evelyn Mase
(cerai 1957),
Nkosikazi Nomzamo Madikizela atau Winnie Mandela (cerai 1996), dan Graca
Machel-Mandela (menikah 1998).
Kutipan
teks cerita ulang tersebut merupakan bagian ...
- abstrak
- orientasi
- urutan peristiwa
- evaluasi
- reorientasi
23. Perhatikan kutipan teks cerita ulang berikut!
Pemerintah kemudian
menggelar peradilan besar-besaran terhadap para “pengkhianat”, Mandela termasuk
di antaranya. Namun, pada 1961 semua itu berakhir dengan pembebasan ke-156
tertuduh. Kemudian, Afrika Selatan “bergolak” karena pembantaian para
demonstran kulit hitam di Sharpeville pada Maret 1960. Akan tetapi, Pemerintah
tetap konsisten menghantam oposisi: sebagian besar gerakan pembebasan, termasuk
ANC, dilarang. Mandela yang telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang kulit
hitam, berjuang di
bawah tanah selama
lebih dari setahun dan bepergian ke luar negeri untuk mencari dukungan bagi
ANC.
Kutipan
teks cerita ulang tersebut merupakan bagian ...
- abstrak
- orientasi
- urutan
peristiwa
- evaluasi
- reorientasi
24. Bacalah
teks biografi berikut dengan saksama!
Pendidikan yang sempat diterima
M. Yamin, antara lain, Hollands Inland
School (HIS) di Palembang, tercatat
sebagi peserta kursus pada Lembaga Pendidikan Peternakan dan Pertanian di
Cisarua, Bogor, Algemene Middelbare
School (AMS) ‘ Sekolah Menegah Umum di Yogya’, dan HIS di Jakarta. Yamin
menempuh pendidikan AMS setelah menyelesaikan sekolahnya di Bogor yang
dijalaninya selama lima tahun. Studi di AMS Yogya sebetulnya merupakan
persiapan Yamin untuk mempelajari kesusastraan Timur di Leiden. Di AMS ia
mempelajari bahasa Yunani , bahasa Latin, Bahasa Kael, dan sejarah purbakala.
Dalam waktu tiga tahun saja ia berhasil meguasai keempat mata pelajaran
tersebut suatu prestasi yang jarang dicapai oleh manusia biasa. Dalam mempelajari bahasa
Yunani, Yamin dapat mendapat bantuan dari pastor-pastor di Seminari Yogya,
sedangkan dalam bahasa Latin ia dibantu Prof. H. Kraemer dan DS Backer
Hal yang menarik dan perlu
diteladani dari biografi M. Yamin adalah….
A.
dapat berkomunikasi dalam bahasa Latin dan bahasa
Yunani.
B.
memiliki
otak yang cerdas dalam belajar.
C.
pernah
menjadi siswa peternakan dan pertanian
D.
banyak
mendapat bantuan dari pastor dalam belajar
E.
menguasai
tiga bahasa dalam waktu tiga tahun..
25. Cermati penggalan teks biografi di bawahini!
Padatahun 1950-an, Bally
adalah sebuah merk sepatu yang bermutu tinggi dan tentu tidak murah. Bung
Hatta, Wakil Presiden Pertama RI, berminat pada sepatu Bally. Ia kemudian
menyimpan guntingan iklan yang memuat alamat penjualnya, lalu berusaha menabung
agar bisa membeli sepatu idaman tersebut. Namun, uang tabungan tampaknya tidak
pernah mencukupi karena selalu terambil untuk keperluan rumah tangga atau untuk
membantu kerabat dan handaitaulan yang dating kepadanya untuk meminta
pertolongan. Hingga akhir hayatnya,
sepatu Bally idaman Bung Hatta tidak pernah terbeli karena tabungannya
tak pernah mencukupi. Yang sangat mengharukan dari cerita ini, guntingan iklan
sepatu Bally itu hingga Bung Hatta wafat masih tersimpan dan menjadi saksi keinginan sederhana dari
seorang Hatta. Jika ingin memanfaatkan posisinya waktu itu, sebenarnya
sangatlah mudah bagi Bung Hatta untuk memperoleh sepatu Bally. Misalnya, dengan
meminta tolong kepada para duta besar atau pengusaha yang menjadi kenalan Bung
Hatta.“Namun, di sinilah letak keistimewaan Bung Hatta. Ia tidak mau meminta
sesuatu untuk kepentingan sendiri dari orang lain. Bung Hatta memilih jalan
sukar dan lama, yang ternyata gagal karena ia lebih mendahulukan orang lain
daripada kepentingannya sendiri,” kata AdiSasono, Ketua Pelaksana Peringatan
Satu Abad Bung Hatta.
Keteladanan
Bung Hatta sesuai dengan penggalan biografi di atas adalah ….
A. semua uang tabungannya untuk
membantu handaitaulannya
B.
uang tabungannya selalu terambil untuk keperluan rumah tangga
C.
ia berusaha menabung agar bisa membeli segala yang diidamkannya
D. ia lebih mendahulukan orang
lain daripada kepentingannya sendiri
E.
ia tidak mau meminta-minta hanya untuk kepentingan orang lain
Lembar jawaban dikumpulkan terakhir hari Selasa 15 Desember 2015
Lembar Jawaban
Nama :
Kelas :
No
|
Jawaban
|
No
|
Jawaban
|
1
|
16
|
||
2
|
17
|
||
3
|
18
|
||
4
|
19
|
||
5
|
20
|
||
6
|
21
|
||
7
|
22
|
||
8
|
23
|
||
9
|
24
|
||
10
|
25
|
||
11
|
|||
12
|
|||
13
|
|||
14
|
|||
15
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar